RSS

Ponsel China Kuasai 13% Pasar Ponsel Dunia

JAKARTA - Menurut hasil penelitian Strategy Analytics, saat ini terdapat 200 merek handset yang berasal dari Asia yang bemunculan, seperti Micromax, Spice Mobile, dan Yulong Coolpad. Vendor tersebut menguasai pasar mobile cukup besar.

Laporan perusahaan riset tersebut menyebutkan, saat ini vendor asia tersebut menguasai hampir 13 persen pangsa pasar mobile handset, dengan total pengiriman mencapai 48 juta unit secara global pada kuartal pertama.

"Dari microvendors sah sebanyak 200 lebih di seluruh dunia, 25 diantaranya mengirim hampir 21 juta unit pada Q1 2011. Rising pertumbuhan pelanggan selular di Asia dan Afrika telah menyebabkan munculnya ponsel dengan harga murah. Sehingga pemasok handset mobile untuk memenuhi kebutuhan handset meningkat," kata Neil Shah, dari Strategy Analytics, seperti dilansir Cellular News, Jumat (10/6/2011).

"Dalam jangka panjang, Strategy Analytics mengharapkan konsolidasi antara beberapa merek microvendor untuk menghadapi kejenuhan pasar, dengan persaingan yang meningkat. Beberapa merek terkemuka microvendor berharap untuk mendapatkan pasarTier-2 dengan memperluas operasi di luar pasar domestik dan meningkatkan portofolio mereka di semua tingkatan harga," katanya.

Sementara itu menurut David Kerr, Wakil Presiden pada Strategy Analytics, mengatakan, pada Q1 2011, Micromax, Spice Mobile dan Yulong Coolpad muncul di India dan Cina, yang mampu mengalahkan merek vendor handset utama internasional seperti Sony Ericsson dan Motorola.

Micromax dan Spice berhasil membangun portofolio mereka dengan fitur yang kaya, dengan handset multiSIM dengan mensasar pertumbuhan pelanggan pedesaan. Perusahaan-perusahaan ini kini meluncurkan handset 3G mid-tier dan smartphone Android yang menargetkan pertumbuhan kategori 3G perkotaan dan pinggiran kota pelanggan. (tyo)

sumber: okezone

Related Posts by Categories

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Silahkan Anda Memberikan Komentar Mengenai tulisan saya pada Kotak Komentar di Bawah