RSS

Ketika Agama Menjadi Pilihan Dunia

Puluhan santri dari beberapa dayah di Lhokseumawe, mengamuk. Mereka marah dan mengobrak-abrik kantor MPU (Majelis Permusyawaratan Ulama) Kota Lhokseumawe, pada hari Senin lalu, seperti dilansir harian ini kemarin. Mereka protes, tidak setuju atas terpilihnya Teungku Syamaun Risyad menjadi Ketua MPU Lhokseumawe.
Teungku Syamaun Risyad terpilih menjadi Ketua beberapa waktu lalu, namun hasil pemilihan menuai protes di kalangan santri, maka sidang pemilihan pun diulang lagi. Ternyata, hasilnya tetap sama saja. Teungku Syamaun Risyad tetap menjadi pemenangnya. Hasil pemilihan ulang ini merembes kepada para santri yang tengah menunggu di luar gedung. Kecewa mendengar hasil pemilihan ulang yang ternyata tetap mengusung nama Teungku Syamaun Risyad, membuat mereka kontan merangsek masuk gedung MPU dan mengobrak-abrik ruang sidang. Akibat perbuatan mereka yang anarkis itu, pintu ruang sidang rusak. Beberapa kaca jendela hancur dan benda-benda inventaris lain turut remuk.
Alasan tidak setujunya para santri atas terpilihnya Teungku Syamaun Risyad adalah karena paham wahabi yang selama ini dibawakan sang tengku. Sementara, kebanyakan umat di Lhokseumawe menganut paham ahlus sunnah. Aliran Wahabi yang berkembang di Arab Saudi selama abad 19 banyak mendasarkan pahamnya pada nilai-nilai fundamental dalam agama Islam. Pada masa Perang Paderi di Sumatera Barat, kaum wahabi inilah yang memperkenalkan surban, janggut, jubah putih dan celana cingkrang.
Menurut para santri, kosep ajaran yang jadi pembahasan Teungku Syamaun tentang khilafiyah, yang disampaikan dalam setiap pengajian, dinilai mereka sangat meresahkan warga Lhokseumawe. Namun, sang teungku yang tak diinginkan para santri yang melakukan aksi itu, terpilih secara demokratis untuk memimpin organisasi para ulama di kota tersebut.
Kita tentu tak berpretensi untuk memilih paham mana yang paling tepat atau tak hendak berpihak pada klaim ajaran baik atau tidak baik untuk dijalankan di Aceh. Namun, tindakan anarkis semacam dipertontonkan mereka di kantor MPU itu sudah pasti bukanlah hal yang patut dibanggakan. Apalagi, sengketa ini timbul karena jabatan di dalam suatu organisasi, yang agaknya terlalu kecil untuk dijadikan alasan menganiaya sesama atau merusak barang dan bangunan milik publik.
Banyak hal serupa terjadi, seperti juga yang kini tengah merebak di tanah Jawa. Ketidaksetujuan pada paham Ahmadiyah, telah mendorong penolakan, kerusuhan, dan berakhir pada teraniayanya salah pihak-pihak tertentu.
Bila pesan-pesan agama ditafsirkan sebagai panji-panji pembenaran terhadap kekerasan, sungguh menoreh kesadaran kita sebagai sebuah bangsa di negeri yang mengagungkan Allah yang sama. Khilafiyah, yang merupakan rahmat, lantas menjadi biang kerok segala keributan. Atas nama menjaga ketenangan warga, maka orang lain didesak agar tidak memiliki perbedaan.
Yang menjadi pusat perhatian di sini adalah sikap mereka yang tak memahami duduk perkara. Cap ‘anarkis’, ‘barbar’ dan ‘penyuka kekerasan’, jelas bukan cap yang kita inginkan, ketika kita bermaksud untuk beribadah. Namun, dengan sederetan perilaku rusuh seperti itu, tak ayal cap demikianlah yang akan dilekatkan pihak-pihak kepada kita. Apalagi, bila dalam melakukan tindak kekerasan tadi, dibawa juga lambang-lambang atau ikon yang dianggap sakral, seperti misalnya kafiyeh, atau baju koko. Seolah, hal itu dilakukan dalam rangka mewakili suara suatu kaum.
Negeri ini baru saja mendapatkan kedamaian kembali. Kita tengah berusaha menyembuhkan luka-luka yang tersisa. Sungguh, energi yang dikeluarkan untuk merusak kantor MPU, bila dicurahkan pada usaha membantu menyejahterakan umat, tentu akan lebih nampak hasilnya. Wallahualam.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Inggris SMK kelas XI

R
encana pelaksanaan pembelajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yangakan dilakukan dalam pembelajaran. Oleh karena itu RPP perlu dikembangkanuntuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembalajaran yang meliputi :kompetensi dasar yang berfungsi mengembangkan potensi peserta didik, materistandar yang berfungsi memberi makna terhadap kompetensi dasar, indicator hasil belajara yang berfungsi menunjukan keberhasilan pembentukan kompetensi peserta didik, sedangkan penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensidan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belumtercapai.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diartikan sebagai satuan program pembalajaran yang dikemas untuk satu atau beberapa kompetensi dasar untuk satukali atau beberapa kali pertemuan. Sehingga RPP berisi garis besar tentang apayang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, baik untuk satu kali pertemuan atau beberapa kali pertemuan.

Nah, Buat Sobat Guru - Guru yang pengen download RPP Bahasa Inggris bisa langsung Klik disini:
Download RPP Bahasa Inggris SMK KELAS XI Semester I Page I
Download RPP Bahasa Inggris SMK KELAS XI Semester I Page II
Download RPP Bahasa Inggris SMK KELAS XI Semester I Page III
Download RPP Bahasa Inggris SMK KELAS XI Semester II Page I
Dan silabusnya Klik Link di bawah Ini:
Silabus Bahasa Inggris SMK Kelas XI

RPP Bahasa Inggris Lainnya:

Download RPP Bahasa Inggris SMP / MTs Kelas IX Semester I
Download RPP Bahasa Inggris SMK / MTs Kelas X
Download RPP Geografi / MTs Kelas VII

Silabus RPP Bahasa Inggris SMP
Silabus RPP Bahasa Inggris SMK

NOTE:
Mungkin masih banyak kekurangan, Mohon Sarannya ya Gan!
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Inggris SMP kelas IX

P
roses pendidikan harus direncanakan dengan matang,sehingga dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang merupakan salah satu rencanayang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran juga harus benar-benar matang agar proses pembelajaran dapat atau mampu mengantarkan pesertadidik kearah tujuan pendidikan nasional dengan berbekal beberapa kompetensi yaitukompetensi tamatan, kompetensi umum dan kompetensi dasar.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini berisi garis besar tentang apa yangakan dilakukan oleh seorang guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, baik untuk satu kali pertemuan maupun beberapa kali pertemuan. Guruyang belum berpengalaman pada umumnya memerlukan perencanaan yang lebih rincidibandingkan dengan guru yang lebih berpengalaman.

Download RPP Bahasa Inggris SMP / MTs Kelas IX Semester I
Download RPP Bahasa Inggris SMP / MTs Kelas IX Semester II

Untuk RPP Bahasa Inggris SMK Download Disini
Untuk RPP Geografi SMP Kelas VII Download Disini
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Geografi SMP / MTs Kelas VII Semester I dan II

P

roses pendidikan harus direncanakan dengan matang,sehingga dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang merupakan salah satu rencanayang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran juga harus benar-benar matang agar proses pembelajaran dapat atau mampu mengantarkan pesertadidik kearah tujuan pendidikan nasional dengan berbekal beberapa kompetensi yaitu kompetensi tamatan, kompetensi umum dan kompetensi dasar.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini berisi garis besar tentang apa yang akan dilakukan oleh seorang guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, baik untuk satu kali pertemuan maupun beberapa kali pertemuan. Guru yang belum berpengalaman pada umumnya memerlukan perencanaan yang lebih rinci dibandingkan dengan guru yang lebih berpengalaman.

DOWNLOAD HERE
RPP Geografi SMP / MTs Kelas VII Semester I Dan Silabus
RPP Geografi SMP / MTs Kelas VII Semester II Dan Silabus
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.
Pengertian
R
encana pelaksanaan pembelajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yangakan dilakukan dalam pembelajaran. Oleh karena itu RPP perlu dikembangkanuntuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembalajaran yang meliputi :kompetensi dasar yang berfungsi mengembangkan potensi peserta didik, materistandar yang berfungsi memberi makna terhadap kompetensi dasar, indicator hasil belajara yang berfungsi menunjukan keberhasilan pembentukan kompetensi peserta didik, sedangkan penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensidan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belumtercapai.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diartikan sebagai satuan program pembalajaran yang dikemas untuk satu atau beberapa kompetensi dasar untuk satukali atau beberapa kali pertemuan. Sehingga RPP berisi garis besar tentang apayang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, baik untuk satu kali pertemuan atau beberapa kali pertemuan.

B.Fungsi
Sedikitnya terdapat dua fungsi RPP dalam proses pengembangannya,yakni fungsi perecanaan dan fungsi pelaksanaan.

Fungsi Perencanaan
adalah bahwa rencana pelaksanaan pembelajaranhendaknya dapat mendorong guru untuk lebih siap dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, setiap akanmelakukan pembelajaranguru wajib memiliki persiapan, bik secara tertulismaupun tidak tertulis.

Fungsi Pelaksanaan
bertujuan untuk mengefektifkan proses pembelajaransesuai dengan apa yang direncanakan. Dalam hal ini, materi standar yangdikembangkan dan dijadikan bahan kajian oleh peserta didik harus disesuaikandengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis,serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan sekolah dan daerah.

DOWNLOAD HERE:

Untuk RPP dan Silabus Geografi bisa Sobat Guru Download disini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Contoh Pidato Bahasa Inggris (English Speech)

C
ontoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk pembuatan english speech. sebagaimana kita ketahui, bangsa Indonesia bisa maju jika kita sangat memperhatikan pendidikan.

pidato-bahasa-inggris-pendidikancontoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan sebagai berikut

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS