RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.
Pengertian
R
encana pelaksanaan pembelajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yangakan dilakukan dalam pembelajaran. Oleh karena itu RPP perlu dikembangkanuntuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembalajaran yang meliputi :kompetensi dasar yang berfungsi mengembangkan potensi peserta didik, materistandar yang berfungsi memberi makna terhadap kompetensi dasar, indicator hasil belajara yang berfungsi menunjukan keberhasilan pembentukan kompetensi peserta didik, sedangkan penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensidan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belumtercapai.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diartikan sebagai satuan program pembalajaran yang dikemas untuk satu atau beberapa kompetensi dasar untuk satukali atau beberapa kali pertemuan. Sehingga RPP berisi garis besar tentang apayang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, baik untuk satu kali pertemuan atau beberapa kali pertemuan.

B.Fungsi
Sedikitnya terdapat dua fungsi RPP dalam proses pengembangannya,yakni fungsi perecanaan dan fungsi pelaksanaan.

Fungsi Perencanaan
adalah bahwa rencana pelaksanaan pembelajaranhendaknya dapat mendorong guru untuk lebih siap dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, setiap akanmelakukan pembelajaranguru wajib memiliki persiapan, bik secara tertulismaupun tidak tertulis.

Fungsi Pelaksanaan
bertujuan untuk mengefektifkan proses pembelajaransesuai dengan apa yang direncanakan. Dalam hal ini, materi standar yangdikembangkan dan dijadikan bahan kajian oleh peserta didik harus disesuaikandengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis,serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan sekolah dan daerah.

DOWNLOAD HERE:

Untuk RPP dan Silabus Geografi bisa Sobat Guru Download disini.

Related Posts by Categories

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Silahkan Anda Memberikan Komentar Mengenai tulisan saya pada Kotak Komentar di Bawah