RSS

Bagaimana Cara Membaca?(3)

A

da dua hal penting yang harus diperhatikan dalam membaca, pertama jenis buku bacaan, dan kedua adalah waktu membaca.

1. Jenis buku bacaan.
Jenis buku yang akan anda baca pasti tergantung kepada kebutuhan dan apa yang anda cari dari membaca itu. Terdapat barbagai macam jenis buku di pasar, ada buku yang tidak perlu dibaca sekali duduk, seperti buku-buku besar yang menjadi referensi, ensiklopedia, dan kamus-kamus, buku jenis ini hanya dibaca ketika diperlukan sebagai referensi.

Ada juga buku-buku lama, yang berisi cerita dan dongeng, yang tidak perlu memeras otak untuk memahami dan menguasainya, buku itu biasanya dibaca sebagai hiburan, atau hanya untuk mendapat sedikit keperluan, dan buku ini biasanya tidak dibaca kecuali sekali saja, kacuali kalau ada sebab yang mengharuskan kita mengulanginya, pembacapun merasa tidak perlu mengulangi membacanya, untung-untung kalau ada yang mau membelinya! Buku jenis ini harus dibaca dengan cepat, dan mungkin dicoret atau diberi tanda pada beberapa poin apabila dia merasa itu penting. Seperti novel dan buku-buku cerita.

Ada juga jenis buku yang rasanya harus dibaca dengan lambat, santai, dan penuh penghayatan, tetapi setelah membacanya, sang pembaca merasa tidak perlu mengulanginya lagi, karena apa yang berisi dalam buku itu sudah berpindah ke kepalanya. Dan selanjutnya buku itu bisa duduk tenang dalam lemari atau di atas rak buku. Mungkin suatu ketika dibutuhkan lagi untuk memastikan maklumatnya, maka bisa dibaca ulang lagi. Dan ketika membaca buku jenis ini, sebaiknya pembaca memiliki notes, dan mencatat apa-apa yang sekirnya penting untuk dihafal atau diingat selalu. Buku jenis ini terdapat sekitar 5% dari 100 buku yang beredar di toko-toko .

Ada jenis buku yang ketika dibaca, pembaca tidak bisa memahami seluruh isinya, meskipun sudah berusaha, yang membuat dia harus mengulanginya lagi, dan buku jenis ini sangat sedikit dibanding jenis-jenis buku sebelumnya. Tetapi terkadang ketika dia mengulangi membacanya untuk kesekian kali, dia tidak menemukan apa yang diharapkan, hal itu kadang terjadi karena pemahaman dan cakrawala pembaca sudah berkembang dan lebih maju, dikarenakan bacaan sebelumnya atau karena dia membaca buku lain yang berhubungan dengan pembahsan buku itu. Buku jenis ini biasanya siangkat, seperti matan kitab dan risalah-risalah pendek.

Dan jenis terakhir yang sangat jarang, bisa dikatakan 1 dari 10 ribu buku. Buku yang ketika kita baca semakin membuat kita merindukannya, seakan apa yang kita baca tidak ada akhirnya, semakin diulang semakin banyak hal baru yang dipahami dari buku itu. Seperti Quran, buku yang semakin dibaca semakin menambah luar biasa pengetahuannya, semakin dikaji semakin dalam pemahamannya. Ada juga buku-buku lain lebih rendah levelnya dari Quran yang ditulis oleh penulisnya dengan seni menulis yang luar biasa, yang membuat kita selalu ingin membacanya, seperti karya-karya sastra.
Buku jenis inilah yang harus selalu dibaca, sehingga bisa membentuk kepribadian yang bagus, dan maju bersama buku itu.

2. Waktu membaca
Sebuah ide yang brilian kalau kita mau memperhatikan dan melihat waktu yang cocok dan tepat untuk membaca, kita mencari waktu yang tepat dimana otak sedang fresh dan siap menerima masukan pengetahuan baru, golden time. Sebagian orang menyediakan golden time itu satu jam sehari, dimana dia mengurung diri bersama buku, tidak mau menerima tamu, menolak ditelpon, dan tidak berbicara kepada siapapun yang ada dalam rumahnya. Dia mengatakan kepada anak, atau istri atau pembantunya, "Apapun yang terjadi jangan ganggu saya, jangan kasih tahu saya, kecuali kalau rumah ini terbakar!"

Kalau setiap tempat bisa dipakai untuk membaca, maka setiap saat pun kita bisa membaca. Tetapi ada saat-saat emas yang bisa membuat kita lebih enjoy dalam membaca. Contohnya:
• Bacalah dipagi hari, setelah subuh, atau saat perjalanan ke sekolah atau ke kantor, ada waktu panjang antara bangun subuh sampai berangkat sekolah atau kerja. Waktu pagi begini bagusnya membaca buku-buku umum, seperti sastra, sejarah atau filsafat.
• Sore hari setelah istirahat pulang sekolah atau pulang kerja, dan biasanya sebelum magrib atau makan malam, itu adalah salah satu golden time untuk membaca buku-buku spesialisasi anda.
• Sebelum tidur, adalah salah satu golden time juga untuk membaca, cocoknya sebelum tidur membaca novel atau buku-buku ringan lainnya .
Ini hanya gambaran pembagian waktu untuk orang-orang yang sibuk bekerja, kalau untuk pelajar dan mahasiswa tidak demikian, waktu membaca adalah around the clock, tidak ada kata berhenti membaca.

Selanjutnya bagaimana harus membaca? jenis buku bermacam-macam, tidak semua buku mempunyai mutu yang sama, oleh sebab itu cara membacanyapun berbeda-beda. Tetapi ada kaidah umum untuk membaca setiap buku, ringkasnya sebagai berikut:
• Tentukan jenis buku dan pembahasannya, apakah sosial atau eksat ataupun bahasa.
• Pastikan kata kunci dari buku itu, yaitu kata-kata yang menjadi tema utama buku itu.
• Garis bawahi poin-poin yang anda anggap penting dari bacaan itu.
• Ringkaslah pikiran utama dari setiap bab yang anda baca dengan menggunakan bahasa anda sendiri, sehingga lebih mudah anda ingat.
• Tulislah pemikiran atau ide-ide yang anda temukan dari buku itu dalam sebuah catatan khusus anda, dimana catatan-catatan dari buku lain juga anda simpan disana.


WRITTEN BY:
H. Saifannur, Lc
(Mahasiswa Aceh yang Sedang Melanjutkan Program S-2 Di Damascus University Syiria)

Related Posts by Categories

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Silahkan Anda Memberikan Komentar Mengenai tulisan saya pada Kotak Komentar di Bawah