RSS

Efek Buruk kecanggihan teknologi

D

izaman yang modern ini, banyak kita jumpai bermacam macam kecanggihan teknologi diantaranya komputer yang dapat digunakan untuk fasilitas internet, catting, facebook, dan berbagai macam jenis game. Tidak bisa dipungkiri lagi, keberadaan internet dan berbagai macam game tersebut sangat menyedot perhatian berbagai kalangan, baik anak-anak, orang dewasa, bahkan orang tuapun tidak jarang dijumpai tengah asyik internetan maupun main game.

Jenis game pun bermacam-macam, tetapi yang paling populer saat ini adalah yang dinamakan dengan game online dan play station (PS), meskipun saya sendiri tidak tahu apa itu game online dan bagaimana cara memainkannya. berdasarkan pantauan saya selama ini 90% santri al-khoirot suka dengan apa yang dinamakan game Play Stasion (PS), disamping menyuguhkan berbagai macam permainan yang mengasikkan play station juga membuat siapa saja yang memainkan jadi kecanduan, entah karena apa, semua orang yang pernah saya temui ditempat-tempat play station kebanyakan dari kalangan anak-anak dan orang dewasa, bahkan yang telah beristripun banyak yang sering saya jumpai ditempat-tempat tersebut, ketika ditanya “kenapa suka main game play station”? seperti tanpa ada beban dan merasa rugimereka menjawab dengan seenaknya, ”ya karena senang aja mas mumpung masih hidup”, inilah alasan sebagian dari mereka yang suka dan kecanduan maingame, bahkan ada yang terang terangan menjawab, “ ya kalau sudah senang mau di apakan lagi, kesenangan itu tidak ada harganya mas”.

Begitulah potret buram kecanggihan teknologi yang oleh penggunanya disalahgunakan dan digunakan sebagai pelampiasan kesenangan belaka, saking menyenangkannya game tersebut, bukan hanya dari kalangan anak-anak yang bukan santri, santripun kebanyakan suka dengan apa yang dinamakan game play station, dan santri yang suka main game tersebut bukan hanya yang bandel saja, yang tidak bandel juga kebanyakan suka dengan game tersebut, namun, karena mereka berada dalam lingkungan yang melarang keluar tanpa izin dan tanpa ada keperluan, membuat mereka jarang sekali keluar untuk main game play station, meskipun keluar mereka hanya sebentar, mungkin hal itu karena berkenaan dengan pembatasan waktu keluar yang ditetapkan oleh pengurus, membuat mereka meskipun keluar (karena ada keperluan) tidak terlalu lama.

Tetapi meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika sewaktu berada dirumahnya masing-masing, mereka akan bermain game ini sampai berjam-jam, bahkan ada sebagian yang sampai menginap ditempat bermain game tersebut. Dan yang sangat memprihatinkan mereka sepertinya tidak merasa rugi, baik dari segi keuangan maupun waktu, mereka seperti tidak memperhatikan efek negative dari kecanduan main game. Yang meskipun mereka tahu akan hal itu dapat menjadikan boros, mereka seakan-akan tidak pernah menahu akan hal itu.

Related Posts by Categories

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Silahkan Anda Memberikan Komentar Mengenai tulisan saya pada Kotak Komentar di Bawah