RSS

Cara Menulis Di Blog

Cara Menulis Di Blog
S
alah satu cara untuk berlatih menulis adalah dengan menulis di blog. Blog adalah media yang memberi kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja untuk mencurahkan apa yang ingin ditulisnya. Dan orang yang ingin sukses tidak akan menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada di hadapannya.

Berapa panjang tulisan di blog?
Tidak ada batas minimal dan maksimal. Tulisan di blog bisa cuma satu baris, satu paragraf atau ribuan kata. Terserah penulisnya. Dan semuanya akan dianggap wajar-wajar saja.

Apa topik dan bentuk tulisan yang pantas ditulis di blog?
Semua topik dan semua bentuk tulisan (puisi dan prosa) pantas di tulis di blog dan dibagikan untuk seluruh pengunjung. Mulai dari curhat (curahan hati), puisi, cerita bersambung, tulisan ilmiah, novel, komik, cerita lucu. Semuanya.

Saya kurang Pede menulis di blog
Menulis di blog adalah kesempatan bagi orang yang tidak pede untuk menulis karena umumnya para pengunjung berasal dari jauh dan tidak saling mengenal satu sama lain.

Idealnya, jadi manusia harus pede. Apalagi jadi santri yang memiliki kelebihan kemampuan di atas rata-rata. Kurang pede biasanya 'kan disebabkan oleh merasa kekurangan. Aneh, kalau orang yang memiliki kemampuan lebih tidak pede.

Saya sibuk. Jadi tidak punya waktu
Apa tidak ada waktu selama 5 menit setiap hari? Menulis di blog cuma butuh waktu sekitar 5 menit.

Lagipula, orang sibuk adalah orang yang produktif termasuk produktif menulis. Orang yang sibuk tapi tidak produktif menulis bisa disebabkan oleh salah satu dari dua hal. Pertama, dia memang sibuk dan tidak bisa mengatur waktu secara efektif. Kedua, cuma alasan menyembunyikan kemalasan.

Oke saya akan berusaha menulis di blog. Bagaimana caranya membuat blog?
Kalau belum punya blog, buatlah blog lebih dahulu. Gratis, tidak perlu bayar. Klik link berikut:
Tutorial buat blog di Blogger.com / Blogspot
Tutorial buat blog di Wordpress.com

Blog gratis mana yang terbaik?

Blogger.com atau Wordpress.com sama saja. Yang penting menulisnya.

Related Posts by Categories

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Silahkan Anda Memberikan Komentar Mengenai tulisan saya pada Kotak Komentar di Bawah