RSS

Lagi - lagi Guru (Jangan dikomentari !!)

J
adilah guru, nanti bisa merasakan. Ada susah dan senangnya. Pengalaman membuktikan ketika aku ditawari kakakku untuk mengajar di SMP tempat ia mengajar. Aku tanya pada kakakku, berapa gaji untuk untuk guru honorer? Waktu itu tahun 1994, di Surabaya, ia jawab, Rp. 1000,- per jam. Spontan aku menjawab, tidak ahh! Setengah menganggur dan mengerjakan terjemahan saja aku bisa makan, minum dan rokok untuk sebulan.

Gaji guru honorer kurang lebih tidak berkembang lantaran defisit rupiah yang besar dari tahun itu ke yang sekarang. Guru honorer pada tahun ini paling-paling dibayar Rp. 10.000,- pe jam untuk kota kecil seperti tempatku mengajar. Bayangkan kalau seorang guru mengajar 15 jam dalam satu minggunya. Berapa uang yang ia dapat? Hitungan orang umum akan mengatakan 15 jam x Rp. 10.000,- x 4 minggu akan berjumlah Rp. 600.000,- per bulan. Salah! Hitungan seperti itu tidak berlaku di sekolah. Dalam sebulan guru hanya berhak mendapatkan gaji dari 15 jam seminggu itu. Sedang 3 minggu yang lain ikut saja. Jadi guru yang honorer dan mengajar 15 jam seminggu, di akhir bulan akan mendapat 'upah' sebanyak Rp. 150.000,-



Kecukupan gaji guru honorer untuk menghidupi keluarganya tidak perlu ditanyakan. Kalau melihat upah tukang batu saja, gaji guru honorer bukan apa-apanya. Tukang batu yang upah hariannya Rp. 30.000,- dan ia bisa bekerja 25 hari sebulan, maka ia akan membawa pulang uang untuk keluarganya sebanyak Rp. 750.000,- gaji guru honorer belum ada separuhnya! Mungkin akan ada perubahan sedikit bila guru mendapatkan jatah menjadi guru kontrak yang mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp. 500.000,- sebulan. Namun tidak semua guru bisa beruntung mendapatkan kesempatan seperti itu.

Guru yang sudah diangkat menajdi PNS lain lagi ceritanya. Guru PNS adalah korban potong-memotong gaji oleh oknum-oknum kepala sekolah dan lainnya. Kalau ada rapelan, terutama, guru harus siap menerimanya. Kalau tidak merelakan, mungkin disebut tidak loyal atau rapelan gaji tidak segera diurus. Ini biasa terjadi. Mau bukti?

sumber:
Nugroho Khaironi (seorang Guru Bahasa Inggris)
Mahoni Selatan
Bojonegoro, East Java 62171
Indonesia

Related Posts by Categories

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Silahkan Anda Memberikan Komentar Mengenai tulisan saya pada Kotak Komentar di Bawah